28 Nov 2012

Nilai Ke ACEH an (ACEHNESE)

Sudah dua bulan saya berada di Malaysia, perjalan yang Alhamdulillah berjalan lancar. kedekatan masyarakat Malaysia dengan Aceh memang tidak perlu dihiraukan lagi. Ini sebuah implementasi dari sejarah yang begitu kental tertanam di masyarakat malaysia.
Masyarakat malaysia bangga akan kemalaysiaan nya. ini membuat saya tertegun akan nasionalisme mereka. Orang India di Malaysia bangga akan keindiaanya, Orang China di malaysia bangga akan ke chainesannya, dan orang melayu bangga disebut Orang Melayu.
TETAPI...
Ada yang membuat saya terkejut melihat sebahagian mahasiswa Aceh yang Studi dimalaysia tidak memiliki nilai kebanggaan kepada keacehannya. Ia tidak bangga menjadi Acehnese, ia tidak bangga akan daerahnya,
bahasanya, budayanya, dan tidak terbesik olehnya untuk membangun Aceh.
Ini tidak pernah saya ketahui sebelumnya, karena sepengetahuan saya orang Aceh sangat mencintai dan Bangga akan keacehannya. malah bila ada seseorang yang bangga akan keacehannya, mereka menduga  ini merupakan saparatis. padahal setiap daerah di negeri Indonesia bangga akan kesukuannya. 
Ini merupakan sebuah fenomena yang luar biasa dan menjadi pengalaman pengetahuan yang penting bagi saya, dan ini membuat saya sedih dan khawatir akan nasib Aceh di kemudian hari.
Semua Masyarakat Aceh serta Pemerintah Aceh harus intropeksi akan hal ini. ini merupakan masalah yang besar dan tidak dapat kita remehkan. yang perlu kita pertanyakan adalah, Adakah tertanamkan pengajaran nilai-nilai keacehan kepada anak-anak Aceh sebagai generasi penerus Aceh???
Sebagai orangtua kita harus membina generasi penerus kita untuk dapat mengenal Aceh lebih mendalam, dari sejarah, budaya, bahasa dan watak. pengajaran ini harus dimulai dari keluarga.
ini merupakan tanggung jawab bersama sebelum nilai-nilai keacehan menjadi punah di masa depan.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kadang-kadang, saya pikir nasionalisme berasal dari tempat kebanggaan, di mana orang bisa bangga dengan alasan mereka adalah siapa mereka. Apa yang Anda bangga .. bukan nama hanya dari negara Anda ... tapi alasan di balik itu? Jika saya bangga menjadi Amerika, daripada saya tidak bangga dengan nama, Amerika. Saya bangga karena amerika memberikan oppertunities saya tidak bisa mendapatkan tempat lain. Jika saya bangga menjadi pemilik restoran, itu bukan karena saya memiliki restoran, tapi karena makanan saya dan baik, dan saya melayani orang dengan baik.

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar